MAKALAH MANFAAT ARSITEKTUR KOMPUTER



MAKALAH


Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer 
yang Dibina oleh Bapak Anwari S.Kom., MT




Disusun oleh:
Kelompok 1 : Frans Ihsan, M. Khoirul Ulum, Nor Hasanah
Kelas: TI B (Semester 3)











UNIVERSITAS ISLAM MADURA
FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK INFOMATIKA
Jl. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan
2018







KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Manfaat Arsitektur Komputer” sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah mengubah tatanan kehidupan kita dari kehidupan jahiliyah menuju kehidupan yang penuh dengan tarbiyah, addiniyah dan insaniyah.
Makalah ini disusun oleh kelompok 1 dalam rangka untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer sekaligus untuk memberi informasi kepada pembaca tentang Manfaat Arsitektur Komputer.
Meskipun sudah berusaha dengan segenap kemampuan, namun kami menyadari bahwa makalah ini banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya masih perlunya pembelajaran yang mendalam tentang Arsitektur Komputer, keterbatasan sumber, dan keterbatasan kemampuan serta pengetahuan dari kami. Oleh karena itu, dengan keterbukaan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Atas kritik dan sarannya kami sebagai penulis mengucapkan terima kasih,  semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Pamekasan, 22 Oktober 2018

Penulis









DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL.............................................................................................
KATA PENGANTAR................................................................................................
DAFTAR ISI.............................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan Penulisan
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Arsitektur Komputer
2.2. Manfaat Arsitektur Komputer
BAB 3 PENUTUP
3.1. Kesimpulan











BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Organisasi Komputer membahas bagaimana semua fungsi-fungsi komputer tersebut dapat diimplementasikan. Jadi, Organisasi Komputer membahas hal-hal yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang mereliasasikan spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi komputer membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan struktur komputer.
Dalam kelompok komputer yang disebut mikro kontroler, hubungan antara arsitektur dan organisasi sangat erat. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi tetapi juga membawa dampak dalam pengenalan kekuatan dan arsitektur yang lebih kompleks. Biasanya ada kekurangan ruang diharapkan kompatibilitas dari generasi ke generasi pada mesin yang lebih kecil. Sebaliknya, ada ketergantungan  antara keputusan organisasi dan rancangan arsitektur.
Arsitektur dan organisasi komputer adalah salah satu mata kuliah yang bertujuan memberikan dasar pengetahuan arsitektur dan organisasi komputer kepada mahasiswa, yang meliputi arsitektur komputer dasar dan perkembangannya.
Makalah dengan tema arsitektur dan organisasi komputer ini ditulis untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer.
1.2.       Rumusan Masalah
1.    Apas saja Manfaat Arsitektur Komputer?
1.3.       Tujuan Penulisan
1.    Untuk mengetahui Manfaat dari Arsitektur Komputer.



BAB 2
PEMBAHASAN
2.1.       Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer dapat didefinisikan sebagai ilmu mengenai cara keterhubungan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, Hardisk, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll (Wikipedia).
2.2.       Manfaat Arsitektur Komputer
Berikut ini adalah beberapa tujuan dan juga manfaat utama yang bisa kita peroleh dari mempelajari arsitektur komputer:
1)   Membangun sebuah sistem komputer yang sesuai dengan fungsinya
Tujuan pertama dari mempelajari arsitektur komputer adalah agar kita bisa merancang dan juga membangun sebuah sistem komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dengan tepat. Arsitektur komputer dapat diibaratkan sebagai sebuah blueprint dari komputer.
Dengan adanya blueprint ini, maka kita dapat melakukan analisis terhadap fungsi dan juga kegunaan dari komputer, sehingga kita dapat merancang dan juga membangun sebuah komputer yang memiliki fungsi dan juga kegunaan yang tepat sasaran, sesuai dengan keinginan setiap user.
2)   Mengetahui bagaimana alur dan pola dari proses pembacaan data yang digunakan komputer
Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan mengetahui pola dan juga alur yang dimiliki oleh sebuah komputer dalam melakukan proses pembacaan dan juga pengolahan data. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kita ingin mengembangakn komputer menjadi lebih cepat dan juga meningkatkan fungsionalitas dari komputer itu sendiri.
3)   Mampu melakukan perbaikan dan maintenance pada komputer
Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan menjadi lebih mudah dalam melakukan maintenance. Apabila kita sudah mengetahui arsitektur komputer yang digunakan, mak akita akan menjadi lebih mudah dalam mencari pemecahan masalah dari komputer tersebut.
4)   Dapat mengembangkan sistem komputer yang teritegrasi pada perangkat lunak atau perankat keras komputer
Sistem komputer pun juga bisa kita kembangkan menjadi lebih baik lagi, terutama apabila kita memahami arsitekturalnya. Kita akan mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari sistem komputer tersebut, sesuai dengan arsitektur yang digunakan. Karena itu, penting sekali untuk mempelajari arsitektural komputer untuk dapat mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi.
5)   Meningkatkan efisiensi dari sistem komputer
Dengan memahami arsitektural dari sebuah komputer, maka kita akan bisa melakukan peningkatan efisiensi dari sebuah sistem komputer. Hal ini sangat berpengaruh pada bagaimana suatu sistem komputer bekerja. Berbeda arsitektur, maka berbeda pula kelebihan dan kekurangan komputer tersebut. Maka dari itu, kita pun harus paham mengenai arsitektur komputer yang digunakan.




BAB 3
PENUTUP
3.1.       Kesimpulan
arsitektur tidak hanya mengacu pada dunia bangunan dan juga desain interior saja. Bidang ilmu komputer pun juga memiliki materi dan juga pembahasan mengenai arsitekur. Bidang bahasan tersebut dikenal dengan nama bidang arsitektur komputer. Arsitektur komputer sendiri merupakan sebuah konsep perancangan dan juga perencanaan dari sebuah struktur komputer. Jadi singkatnya, sebuah arsitektur komputer sangat berperang penting dalam perancangan sebuah sistem komputer secara utuh, mulai dari hardware hingga softwarenya.
Manfaat dari arsitektur komputer diantaranya kita bisa merancang dan juga membangun sebuah sistem komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dengan tepat. Mengetahui pola dan juga alur yang dimiliki oleh sebuah komputer dalam melakukan proses pembacaan dan juga pengolahan data. Memudahkan dalam hal perbaikan dan Maintenance (pemeliharaan) pada komputer. Mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari sistem komputer tersebut, sesuai dengan arsitektur yang digunakan. Bisa melakukan peningkatan efisiensi dari sebuah sistem komputer.
Diposting oleh Frans Ihsan di 19.47 Tidak ada komentar:
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Bagikan ke Pinterest

Jumat, 05 Oktober 2018
Arsitektur Komputer dan Tingkatannya
Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer dapat didefinisikan sebagai ilmu mengenai cara keterhubungan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer.

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, Hardisk, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll (Wikipedia).

Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer, yaitu:
Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.

Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software diatas beberapa layer hardware. Berikut tingkatan layer tersebut :


Keterangan :
Physical Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting.
Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan, memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secara langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
Machine Layer
Adalah tingkatan yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

Posting Komentar

0 Komentar